Anggota DPRD DIY Tegaskan Pancasila Tetap Eksis di Tengah Gelombang Perkembangan Teknologi

98
Dr. Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom., MM dalam acara Bedah Buku tentang Pancasila

StevanusChristianHandoko.Com – Stevanus Christian Handoko, anggota DPRD DIY, dalam bedah buku bertajuk Pancasila Eksistensi dan Aktualisasi menegaskan Pancasila masih eksis hingga saat ini. Meskipun masyarakat telah bertransformasi menjadi semakin erat dengan teknologi, ideologi negara itu masih kokoh.

Stevanus menyampaikan kehidupan modern, terutama sejak adanya Covid-19, masyarakat dipaksa untuk bertransformasi secara digital. “Ketika kita bicara era sekarang, transformasi digital, semua orang pegang gadget, semua erang dekat erat dengan teknologi,” kata Stevanus dalam bedah buku di Kotagede, Kamis (10/11/2022).

Menurut Stevanus, fenomena itu menjadi bentuk transformasi manusia dalam kehidupan.

“Kalau kita melihat sekarang, paradigma masyarakat yang sudah berubah karena teknologi, menurut saya tetap sama saja. Pancasila di masa lalu, sampai saat ini, bahkan di masa yang akan datang, pancasila masih relevan. Nilai-nilai pancasila relevan,”

Menurutnya, kehidupan leluhur, orang tua kita dan kehidupan kita terdapat kemiripan dengan nilai yang terkandung dalam pancasila. “Bila kita berbicara mengenai pancasila, mengenai nilai-nilai pancasila, founding fathers kita mengambil intisari dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia: gotong royong, saling menghargai,” ucap Stevanus.

Hardi Nugroho, Kepala Seksi Pengembangan Minat dan Budaya Baca, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY, menyampaikan masyarakat perlu meningkatkan budaya membaca untuk dapat berdaya saing dalam pengetahuan, dan memiliki sikap yang saling menghormati.”Kita disini membangun kesadaran kolektif untuk tetap memegang dan mengaktualisasikan nilai pancasila ditengah masyarakat,” kata Hardi. 


Artikel Berita ini telah tayang di
https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2022/11/11/510/1117441/anggota-dprd-diy-tegaskan-pancasila-tetap-eksis-di-tengah-gelombang-teknologi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here