Ekonomi DIY Bakal Pulih 100 Persen

14
Anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dr. R. Stevanus C Handoko S.Kom., MM.

StevanusChristianHandoko.Com –  Ekonomi DIY bakal kembali pulih 100 persen. Hal ini menyusul adanya libur panjang Lebaran 2022 dimana banyak pemudik dan wisatawan yang datang ke DIY.

Menurut Dr. R. Stevanus C. Handoko S.Kom., MM, Anggota Komisi D DPRD DIY, libur Lebaran tahun ini membawa berkah di berbagai sektor di DIY. Dengan jumlah pemudik yang cukup signifikan, akan mendorong perekonomian DIY kembali bangkit.

“Dengan prediksi jumlah pemudik yang masuk ke DIY mencapai 3,9 juta orang, dimana angka ini melebih jumlah penduduk DIY, maka ada optimisme perekonomian DIY akan benar-benar berdampak positif,” kata Dr. R. Stevanus dikutip beritabernas.com dari laman resmi DPRD DIY.

Dikatakan, setelah pemerintah pusat mengizinkan masyarakat melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022 akan meningkatkan perekonomian di sejumlah daerah tujuan mudik hingga mencapai 25 persen, termasuk di DIY.

Sementara tenaga kerja formal dan terutama di sektor informal kembali bergeliat dengan dibukanya berbagai objek wisata, sektor transportasi, tempat kuliner. Bahkan angka okupansi hotel dan penginapan melonjak cukup tajam mencapai sekitr 90 persen menyamai sebelum pandemi.

Menurut Dr. R. Stevanus, berbagai sektor kembali bergeliat tumbuh dengan baik, mobilitas wisatawan dan pelaku bisnis meningkat, akomodasi seperti hotel/penginapan restauran meningkat. Kunjungan wisatawan pun meningkat cukup tajam di semua wilayah baik yang berlokasi di Kota Jogja, Sleman, Bantul, Gunung Kidul maupun Kulonprogo.

Lonjakan wisatawan tidak hanya di titik-titik rekreasi lama tapi kenaikan tajam juga terjadi di lokasi yang baru. Menurut Stevanus, selama libur lebaran, kondisi DIY secara keseluruhan relatif kondusif dan lancar. Tidak ada kejadian yang mempengaruhi keamanan dan perekonomian kearah yang negatf.

Melihat kondisi demikian, Dr. R. Stevanus mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja sama, berkolaborasi dan membangun solidaritas untuk ikut serta menjaga keamanan, ketertiban sehingga kelancaran libur lebaran 2022 berjalan baik dan berdampak pada perekonomian DIY yang kembali bergeliat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here